Cara Mencegah Keputihan Agar Tidak Menimbulkan Penyakit Serius

Cara mencegah keputihan

Cara mencegah keputihan menjadi salah satu keyword yang paling banyak dicari oleh para perempuan. Bagaimana tidak, hampir sebagian besar perempuan mengalami yang namanya keputihan baik itu yang jumlah sedikit maupun banyak. penyebab timbulnya keputihan pada perempuan memang sangat beragam, mulai dari nggak seimbangnya hormon hingga kurang perhatiannya kamu terhadap masalah kesehatan kemaluan. Ketika mengalami keputihan, kamu pasti merasa nggak nyaman dan risih sehingga seringkali mengganti celana dalam. Nah ternyata kini kamu nggak perlu khawatir, kami akan ulas mengenai keputihan khususnya tentang jenis-jenis keputihan dan cara mencegahnya.

Macam-macam keputihan pada perempuan

Kamu yang sering mengeluh karena keputihan wajib tahu dulu jenis keputihan apa yang kamu alami. sebab ternyata ada dua jenis keputihan yang sering dialami oleh kamu para perempuan. Keputihan jenis yang pertama yakni keputihan yang normal. Indikasi yang menunjukkan kamu mengalami keputihan normal adalah waktu keluarnya keputihan adalah sebelum dan setelah haid. Selain itu cairan keputihan yang keluar encer dan warnanya bening atau krem. Keputihan ini nggak menimbulkan bau yang nggak sedap dan biasanya jumlahnya juga terbilang sedikit. sementara untuk keputihan yang nggak normal, kamu perlu berhati-hati. Keputihan yang satu ini cirinya berlawanan dengan keputihan yang pertama dan biasanya mengindikasikan penyakit tertentu dalam tubuh. kalau sudah parah, bahkan kamu akan ngerasain sakit pas buang air kecil.

Cara ampuh mencegah keputihan tanpa konsumsi obat

Nah kamu pasti kepingin tahu banget kan cara mencegah keputihan agar nggak mengganggu aktivitasmu? Oke, pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah menjaga kesehatan alat kelamin. Penjagaan kesehatan ini bisa kamu lakukan dengan sering membersihkan area kemaluan ketika sudah melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat. Usahakan pembersih alat kemaluan memiliki PH yang sesuai jadi kamu nyaman ketika menggunakannya. setelah buang air dan kemaluan dibersihkan pun kamu juga perlu segera mengeringkannya agar tidak menjadi tempat jamur berkembang.

Cara mencegah keputihan juga bisa kamu lakukan dengan rajin-rajin mengganti celana dalam agar area kemaluan tidak lembab sehingga jamur enggan berkembang. Jenis kain celana dalam juga sangat berpengaruh, pilih yang kainnya mampu menyerap keringat seperti katun. Selain itu kamu juga nggak disarankan gunain celana luar yang ketat. Soalnya jenis celana yang satu ini akan membuat peredaran udara di area sekitar vagina terganggu. Ketika menstruasi, kamu juga perlu sering mengganti pembalut. Tujuannya agar kemaluan tidak lembab yang mana jamur, virus, dan bakteri suka hidup di tempat tersebut. kalau kamu pas nggak haid sering gunain pantyliner, kamu juga wajib menggantinya ketika kira-kira sudah terlalu lama.

Selain beberapa cara mencegah keputihan yang kami sampaikan di atas, masih banyak lagi cara yang dapat kamu lakukan, misalnya saja dengan menghindarkan diri dari keadaan stress. sebab pada keadaan ini, hormone kamu akan terpengaruh dan produksi cairan keputihan pun akan bertambah. Selain itu kamu juga nggak boleh terlalu kelelahan dan seringlah mandi ketika badan berkeringat. Keringat yang diproduksi tubuh merupakan tempat subur bagi berbagai jamur, virus dan bakteri untuk berkembang.

Sebenarnya mudah bukan cara mencegah keputihan yang harus kamu terapkan di atas. hanya saja seringkali para perempuan enggan memperhatikan hal-hal demikian sehingga keputihan muncul secara tidak normal. Dalam jangka panjang, keputihan yang tidak normal ini akan memunculkan penyakit yang bahkan bisa dibilang parah, jadi kamu benar-benar harus memperhatikan dan menerapkan cara mencegah keputihan yang sudah kami tawarkan di atas.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *