Jenis Keputihan Pada Wanita, Kamu Harus Tahu!

Jenis keputihan

Berbicara mengenai keputihan, ada beberapa jenis keputihan yang harus kamu ketahui. Sebagai seorang wanita, tentu kamu pernah atau bahkan sering mengalami sesuatu yang dinamakan dengan keputihan. Secara medis, keputihan merupakan kondisi alami yang biasa dialami oleh seorang wanita. Bahkan dalam kondisi normal, keputihan ini memiliki fungsi penting dalam melindungi organ kewanitaan karena lendir yang keluar bisa membawa bakteri dan sel-sel mati dari dalam. Namun dibalik itu, keputihan juga bisa menjadi ancaman yang sangat berbahaya. Untuk itu, sebagai antisipasi kamu perlu tahu macam-macam keputihan yang umum dialami oleh wanita.

Keputihan Fisiologis Atau Keputihan Normal

Jenis keputihan

Secara normal, keputihan merupakan keadaan alami dimana cairan atau lendir berwarna putih keluar dari organ kewanitaan dengan membawa bakteri dan sel-sel mati. Jenis keputihan fisiologis atau keputihan normal umumnya terjadi pada wanita yang sedang dalam masa subur. Biasanya keputihan normal memiliki ciri warna yang putih atau bening, sedikit encer, tidak gatal dan tidak berbau. Jadi kalau kamu mengalami keputihan beberapa hari sebelum atau setelah menstruasi dengan ciri tersebut, tak perlu merasa khawatir karena hal ini merupakan hal yang normal. Selain itu, jenis keputihan normal juga bisa terjadi ketika kamu sedang dilanda stres, lelah, kepanasan atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti pil KB.

Keputihan Patologis Atau Keputihan Tidak Normal

Jenis keputihan

Selain keputihan fisiologis, dikenal juga keputihan patologis atau keputihan tidak normal. Jenis keputihan patologis inilah yang harus kamu waspadai karena keputihan ini cenderung menjerus ke suatu penyakit yang tidak bisa dianggap enteng. Umumnya keputihan patologis ini terjadi karena adanya infeksi pada daerah sekitar miss V sehingga menimbulkan gejala-gejala yang tidak normal seperti lendir yang berwarna dan bau yang tidak sedap. Nah untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak pembagian atau rincian dari keputihan patologis ini.

Jenis keputihan yang tidak normal ini bisa berupa lendir yang berwarna cokelat atau bahkan mengandung darah. Biasanya keputihan ini disebabkan oleh ketidakteraturan siklus menstruasi. Jika kamu mengalaminya, cepat periksakan diri ke dokter karena hal ini bisa menjadi gejala kanker rahim atau juga serviks. Kemudian kamu juga perlu waspada dengan keputihan yang dibarengi dengan rasa nyeri di daerah sekitar panggul atau juga pendarahan diluar siklus bulanan kamu karena hal ini bisa mengindikasikan pada beberapa penyakit seksual yang menular seperti gonore dan klamidia.

Selanjutnya keputihan patologis atau keputihan tidak normal juga biasa ditandai dengan lendir yang berwarna seperti warna kuning, hijau atau juga lendir berbuih. jenis keputihan yang satu ini bisanya disebabkan oleh infeksi yang disebut trikomoniasis yang diakibatkan oleh adanya parasit. Keputihan ini juga biasanya ditandai dengan lendir yang terlampau banyak, berbau amis, rasa gatal dan juga rasa nyeri ketika buang air kecil. Jangan meremehkannya! Kamu nggak mau kan kalau hal ini malah memicu penyakit-penyakit lain yang lebih berbahaya? Untuk itu, segera konsultasikan dengan dokter.Selain itu, kamu juga harus hati-hati dengan keputihan yang lendirnya berwarna abu-abu dan memiliki bau yang amis karena hal ini merupakan infeksi akibat bakteri di sekitar miss V.

Itulah beberapa jenis dan macam keputihan yang harus kamu ketahui dan waspadai. Jangan biarkan keputihan yang tidak normal sampai berlarut-larut karena jenis-jenis keputihan patologis akan menjadi sangat berbahaya jika tidak cepat ditangani. Selain itu, kamu juga perlu menjaga kebersihan dan kesehatan miss V kamu agar tetap kering karena kondisi lembab yang tinggi merupakan salah satu pemicu keputihan menjadi tidak normal. Hindari juga penggunaan bedak pada miss V karena hal ini hanya akan membuat daerah sekitar miss V menjadi lembab dan kotor. So, sayangi diri kamu dari jenis keputihan yang tidak normal.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *