Kehamilan 5 Bulan, Si Janin Mulai Aktif Dan Sensitif

Kehamilan 5 bulan
memasuki usia kehamilan 5 bulan, pasti membuat bunda semakin berbahagia. Para masa kehamilan ini janin dalam rahim sudah dapat dikatakan cukup kuat dan untuk bunda pastinya akan mulai terbiasa menanggung perutnya yang semakin hari semakin berat. meskipun terlihat merepotkan, namun masa-masa kehamilan ini akan membuat bunda merasa semakin lengkap dalam menjalani hidup. Pada ulasan kali ini akan kami bahas lebih lanjut mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kehamilan 5 bulan.

Keadaan bayi di usia kehamilan 5bulan

Pada usia kehamilan 5 bulan, bayi akan mengalami berbagai perkembangan yang sangat signifikan. Calon bayi akan mulai aktif bergerak dan juga ditambah dengan berfungsinya beberapa indera pada bayi. Panca indera yang pertama akan berfungsi adalah indera perasa. Calon bayi juga akan dapat merasakan suara-suara yang bersumber dari luar rahim. Pada fase ini calon bayi juga sudah mulai mengembangkan semacam sistem imun yang dapat menghindarkan si bayi dari penyakit-penyakit yang mungkin melanda. Organ penting yang terbentuk pada usia kehamilan 5 bulan ini adalah ginjal. Dengan demikian si bayi akan dapat menghasilkan urine. Bayi akan mencapai ukuran normal hingga 20 cm.

Keadaan bunda di usia kehamilan 5 bulan

Selain calon bayi, ternyata bunda juga mengalami beberapa perubahan yang akan tampak. Bunda akan mulai terbiasa dengan kehamilan sehingga mulai biasanya dengan rasa pusing dan mual yang dirasakan. Ibu juga akan terbiasa dengan gerakan-gerakan bayi yang mulai aktif. Perut bunda yang semakin membesar pada usia kehamilan 5 bulan ini menimbulkan stretch mark yang cukup banyak. bunda juga tidak perlu merasa kaget ketika terjadi mimisan atau gusi berdarah. Gejala ini wajar karena aliran darah dalam tubuh bunda semakin kencang.

Bunda juga perlu membiasakan diri dengan munculnya tanda-tanda yang sebelumnya tidak bunda alami. misalnya saja keluarnya cairan dari puting susu. Keluarnya cairan ini sangat normal sekali sebagai persiapan bagi bunda dalam menyusui kelak ketika bayinya lahir. Selain gejala ini, bunda juga akan mengalami beberapa gejala yang mungkin kurang nyaman, seperti munculnya lendir pada vagina, sembelit, timbul varises. Bunda juga akan merasakan sakit pada bagian kandung kemih dan jantung yang berdetak tidak seperti biasanya.

Perlakuan untuk kehamilan 5 bulan

Meskipun pada awal tadi dikatakan bahwa janin yang memasuki usia 5 bulan sudah cukup kuat, namun bunda tetap harus menjaga kesehatan janin. Asupan gizi yang seimbang harus tetap menjadi prioritas utama bunda. Gizi yang seimbang untuk janin akan membuat pertumbuhan dan perkembangan calon bayi bunda berlangsung secara normal dan maksimal. Perhatikan jumlah vitamin, zat besi, mineral serta protein yang bunda konsumsi sehingga sekiranya pas untuk bunda dan janin dalam perut bunda. Bunda juga perlu menjaga kondisi badan agar tetap fit, sebab pada usia kehamilan 5 bulan ini calon bayi sudah dapat diajak jalan-jalan sehingga terkadang bunda lupa bahwa badan bunda tidak boleh capek.

Bagaimana bunda sudah cukup jelas dengan ulasan di atas terkait kehamilan 5 bulan. Memang seringkali bunda yang mengalami kehamilan pertama sangat bingung dalam memperlakukan kandungannya dan bahkan tidak memiliki pengetahuan sama sekali, untuk itu sekiranya ulasan di atas dapat membantu bunda dalam menjalani masa-masa kehamilan yang setiap momennya pasti sangat membahagiakan. Semoga bunda semakin semangat dalam menjaga kesehatan kandungan dan dapat melahirkan dengan selamat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *