Kehamilan 6 Bulan, Bayi Semakin Responsive Terhadap Rangsangan

Kehamilan 6 bulan
masa kehamilan 6 bulan merupakan masa-masa yang pastinya membuat bunda merasa bahagia setengah mati. Sebab masa ini bunda dapat melakukan interaksi dengan si jabang bayi dan bayi akan memberi respon melalui pergerakannya dalam rahim. Usia kehamilan yang mencapai bulan ke-6 memang sangat luar biasa, akan terjadi perkembangan secara signifikan pada calon bayi dan juga perubahan pada bunda. Untuk mengetahuinya secara lebih lanjut, bunda dapat menyimak ulasan berikut ini.

Perubahan yang dialami bunda masa kehamilan 6 bulan

Ada beberapa hal yang mungkin tidak menyenangkan akan dialami oleh bunda pada usia kehamilan 6 bulan, misalnya akan sering merasakan kram pada kaki. Selain itu bunda juga akan mengalami konstipasi, insomnia, dan juga hemeroid. Terkadang bunda juga akan merasa sesak napas karena paru-paru agak tertekan oleh perut bunda yang semakin membesar. Ukuran bayi yang semakin besar juga membuat perut bunda semakin besar. bahkan berat si jabang bayi dapat mencapai 0.6 kg sehingga beban yang harus ditanggung bunda akan lebih berat. Meski demikian, beberapa hal tidak menyenangkan tersebut pastinya tidak akan mengurangi rasa kebahagiaan bunda dalam menanti kehadiran si buah hati.

Perkembangan calon bayi pada masa kehamilan 6 bulan

Perkembangan calon bayi dalam rahim di usia 6 bulan memang sangat menarik untuk diceritakan. Bagaimana tidak, si jabang bayi pada usia ini akan dapat bergerak lebih aktif lagi. respon calon bayi terhadap berbagai rangsangan dari luar pun semakin terasa. Calon bayi akan memberi respon terhadap berbagai bunyi atau suara dari luar. Selain itu ketika bunda melakukan gerakan secara tiba-tiba pun akan direspon oleh si jabang bayi. Selain dapat merespon bunyi-bunyian, janin yang berusia 6 bulan juga sudah dapat merespon adanya rangsangan cahaya.

Usia kehamilan 6 bulan menjadi masa-masa perkembangan yang sangat menggembirakan bagi bunda, bagaimana tidak? Pada masa ini bunda akan dapat merasakan si jabang bayi yang sedang cegukan. Berbagai organ dalam tubuh calon bayi pun terbentuk bahkan selalu berkembang. Ketika di USG, bunda akan dapat melihat rambut bayi sudah mulai tumbuh. Mata bayi pun akan sesekali terbuka dan berkedip. Buah hati bunda juga akan berlatih untuk bernapas. Sesekali bayi akan mengeluarkan urine pada kantong ketuban. Tulang-tulang bayi juga mulai mengeras.

Makanan yang disarankan untuk masa kehamilan 6 bulan

Tak jauh berbeda dengan masa-masa sebelumnya, sebenarnya yang terpenting dalam makanan bunda haruslah memenuhi kebutuhan asupan gizi baik untuk bunda sendiri maupun untuk si janin. Untuk itu ada beberapa makanan yang disarankan agar bunda konsumsi misalnya saja ikan salmon, telur, dan daging yang tidak berlemak. Makanan ini akan mendorong perkembangan bayi dalam kandungan dan juga pastinya menyehatkan bagi janin dan bunda. Bunda juga perlu banyak mengonsumsi sayuran yang berserat tinggi agar bayi terbiasa mengonsumsi sayur ketika kelak lahir ke dunia. Ada bahan makanan lainnya yang juga sangat disarankan untuk dikonsumsi bunda di usia kehamilan 6 bulan, yakni ubi jalar. Bahan makanan yang tinggi karbohidrat ini ternyata sangat pas untuk memenuhi kebutuhan asam folat dan vitamin C untuk bunda yang sedang mengandung.

Nah begitu banyak hal yang terjadi pada usia kehamilan 6 bulan ini dan pastinya semakin menambah kebahagiaan para calon orang tua baru. Meski banyak hal susah juga dirasakan bunda saat mengandung si jabang bayi, namun tidak mengurangi rasa bahagia akan kehadiran buah hati bunda di tengah-tengah keluarga.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *