Penyebab Keputihan Dan Cara Mengatasinya Dengan Aman

Penyebab keputihan

Keputihan merupakan suatu hal yang lumrah dan sudah pasti terjadi pada wanita yang sehat. Keputihan sangat bermanfaat bagi kesehatan organ reproduksi seorang wanita, pasalnya cairan keputihan mengandung Ph atau asam yang berkisar antara 3 hingga 4 dan bersifat menjaga vagina dari datangnya bakteri atau jamur, karena biasanya jamur dan bakteri pada tempat dengan tingkat keasaman seperti itu tidak akan bertahan hidup. Keputihan yang normal biasanya keluar menjelang dan setelah selesai haid dengan bentuk yang sedikit kental, berwarna bening, dan tidak berbau, akan tetapi jika yang keluar atau keputihan sudah tidak berwarna bening, berbau, menimbulkan gatal, maka anda perlu mengetahui penyebab keputihan dan cara mengatasinya supaya keputihan tidak semakin parah.

Penyebab Keputihan karena Terlalu Sering Dibersihkan dan Cara Mengatasinya

Keputihan bisa disebabkan karena anda sering menggunakan obat atau cairan pembersih vagina yang banyak dijual dipasaran. Cairan pembersih vagina memang berkhasiat memberantas dan bisa menghentikan keluarnya keputihan dari lubang vagina, akan tetapi menghentikan secara total bukanlah hal yang dibenarkan secara kesehatan. Hal tersebut dikarenakan, zat kimia yang terkandung di dalam cairan pembersih vagina bisa membunuh bakteri baik yang ada di cairan keputihan yang bertugas menetralisir masuknya bakteri jahat ke dalam vagina.

Penyebab keputihan dan cara mengatasinya dengan menggunakan cairan pembersih vagina sebenarnya tidak masalah untuk digunakan, akan tetapi tidak dipakai dalam kurun waktu yang sangat sering, misalnya setiap hari saat anda mandi, hal tersebut bisa mengakibatkan vagina menjadi kering dan terasa gatal, karena tidak adanya cairan keputihan yang menjaga kelembaban vagina. Anda bisa menggunakan cairan vagina dua minggu sekali jika hal tersebut diperlukan, namun jika tidak tidak diperlukan, sebaiknya anda tidak menggunakannya secara total.

Keputihan karena Bakteri dan Cara Mengatasinya

Penyebab keputihan dan cara mengatasinya yang disebabkan oleh bakteri gardnella yang biasanya sangat mengganggu aktivitas dikarenakan bakteri jenis ini memberikan efek gatal di daerah sekitar vagina. Cairan keputihan yang sudah terkontaminasi dengan bakteri jenis ini biasanya sudah tidak berbentuk seperti halnya bentuk dan jenis keputihan yang normal. Ciri utama cairan keputihan yang disebabkan oleh bakteri gardnella adalah berwarna keabu-abuan, sangat encer, berbau amis, dan berbuih. Keputihan seperti ini jika tidak segera diatasi akan menyebabkan gatal yang berkepanjangan dan iritasi berkelanjutan pada daerah sekitar vagina.

Cara mengatasi masalah keputihan pastinya berbeda-beda tergantung dengan apa yang menjadi penyebab terjadinya keputihan, akan tetapi cara berikut ini bisa anda terapkan untuk mengantisipasi terjadinya perparahan pada masalah keputihan yang anda alami tersebut. Penyebab keputihan dan cara mengatasinya jika penyebabnya adalah masalah keseringan menggunakan cairan pembersih, maka anda perlu menghentikan pemakaian cairan pembersih tersebut. Selain itu, anda juga perlu mengkonsumsi jamu tradisional yang berbahan dasar kunyit supaya masalah keputihan dan gatal pada vagina bisa teratasi atau sedikit terobati. Jangan lupa untuk selalu mengganti celana dalam minimal lima kali dalam satu hari, terlebih lagi ketika anda sedang dalam keadaan menstruasi, harus lebih sering mengontrol penggantian celana dalam.

Ya, itulah tadi beberapa penyebab keputihan dan cara mengatasinya yang mana keputihantersebut sudah masuk dalam kategori tidak normal. Apabila keputihan yang anda alami masih dalam keadaan normal, jangan risau, karena keputihan itu adalah siklus yang wajar dan nanti akan berhenti sendiri.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *