Siklus Kehamilan Sampai Masuk Ke Minggu Pertama

Siklus kehamilan

Proses terbentuknya kehamilan memang masih sedikit orang yang mengetahuinya. Terutama buat orang awan yang tidak mempelajari mengenai biologi. Padahal hal ini sebuah yang penting. Terutama buat anak remaja yang masih dalam masa pertumbuhan. Pengetahuan tentang seks sangat penting diajarkan untuk anak remaja. Supaya mereka tahu bagaimana proses terjadinya kehamilan terjadi. Saya akan membahas sedikit mengenai proses siklus kehamilan sampaiproses implantasi. Mari kita bahas tahapan tersebut satu persatu.

Ovulasi

Siklus kehamilan yang pertama tentunya proses ovulasi. Proses ovulasi adalah proses keluarannya sel telur dari ovarium. Jadi di dalam ovarium terdapat folikel yang berisi sel telur dan cairan. Setiap bulannya folikel tersebut akan matang dan pecah. Sehingga cairan dan sel telur keluar. Jika tidak dibuahi oleh sperma, sel telur ini akan luruh bersama dinding rahim. Sehingga anda mengalami haid setiap bulannya. Sel telur akan berjalan menuju tuba falopi menunggu bertemu dengan sel sperma. Disana sel telur bisa bertahan sampai 24 jam sampai bertemu dengan sel sperma.

Pembuahan (Fertilisasi)

Pembuahan atau proses fertilisasi ini yaitu bertemunya sel telur dengan sel sperma. Siklus kehamilan ini menjadi sebuah siklus yang sangat penting. Ketika sperma berhasil bertemu dengan sel telur. Sel telur akan membuat pertahanan diri, sehingga tidak ada sperma lain yang bisa masuk. Hanya ada satu sperma saja yang bisa membuahi sel telur. Jika yang membuahi sel telur kromosom X maka akan menjadi anak perempuan dan jika yang membuahi kromosonY maka akan menjadi anak laki-laki.

Implantasi

Sel telur yang sudah dibuahi atau zigot akan tetap berada di tuba palopi kurang lebih selama 3 sampai 4 hari. Tetapi dalam waktu 24 jam, zigot sudah mulai membela diri menjadi beberapa bentuk sel embrio. Kemudian sel-sel embrio itu secara perlahan berjalan menuju rahim. Setelah sampai ke rahim, sel embrio akan menempel pada dinding rahim yang sudah mulai menebal. Proses inilah yang disebut sebagai proses implantasi. Dalam proses ini ada beberapa wanita yang mengalami bercak darah. Selain itu pada masa ini tubuh juga sudah menghasilkan hormone HCG yang menyebabkan morning sickness.

Test Kehamilan

Setelah siklus kehamilan implantasi selesai, biasanya tubuh akan mulai memunculkan tanda-tanda hamil minggu pertama. Seperti mual atau morning sickness, muncul bercak darah dan masih banyak lainnya. HCG atau hormone chorionic ganodoptrin merupakan hormone kehamilan yang bisa dideteksi dari urine dan darah. Jadi hormone ini hanya diproduksi ketika datang masa kehamilan. Hormone ini muncul bersamaan dengan proses terbentuknya plasenta. Jadi kurang lebih membutuhkan waktu 3 sampai 4 minggu. Waktu inilah yang menjadi waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan kehamilan karena hasilnya pasti lebih akurat.

Hal ini juga lah yang menyebabkan banyak orang yang tidak menyadari kehamilan sampai masuk ke minggu ke empat. Terutama buat wanita yang mengalami hamil pertama kali. Siklus kehamilan tersebut terjadi secara berurutan. Setelah proses implantasi terjadi, embrio akan terus berkembang menjadi janin, terus berkembang sampai terbentuk sebuah bayi yang utuh. Sekian sedikit informasi yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda yang sedang menunggu kehamilan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *