Tanda Pasti Kehamilan Pasti Yang Harus Diketahui

Tanda kehamilan pasti

Mendengar kabar mengenai kehamilan bagi pasangan suami istri memang suatu hal yang sangat menyenangkan. Secara umum ada 3 jenis tanda kehamilan yang harus anda ketahui yaitu tanda kehamilan tidak pasti, tanda kehamilan kemungkinan dan tanda kehamilan pasti. Kehamilan merupakan sebuah perubahan baik bentuk dan hormone pada wanita. Jadi memang ada tanda-tanda tertentu ketika masuk ke masa kehamilan. Sebaik seorang wanita, anda harus mengetahui apa saja tanda-tanda tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai tanda pasti kehamilan. Tanda ini lebih merujuk pada medis. Kalau tanda tidak pasti dan kemungkinan bisa dilihat dari perubahan bentuk badan dan lain sebagainya. Berikut ini tanda pasti kehamilan yang harus anda ketahui.

Denyut Jantung Janin

Tanda pasti kehamilan yang pertama adalah dengan mengecek denyut jantung janin. Pada saat anda sudah pasti hamil, denyut janin jantung sudah mulai terdengar. Anda bisa memeriksanya ke dokter dan mendengar detak jantung menggunakan stetoskop-monorae leanec. Nanti alat ini bisa merekam dan didengarkan dengan alat Doppler. Untuk mencetak rekam denyut jantung dengan menggunakan alat yang bernama elektro kardiogram. Tanda ini sudah bisa dilihat pada masa trimester pertama. Jadi sejak awal kehamilan, anda sudah bisa mengetahui tanda-tanda tersebut. Jadi ini sudah pasti kalau anda masuk ke masa kehamilan.

Gerakan Janin Di Dalam Rahim

Ketika anda sudah masuk ke masa kehamilan, tentunya anda sudah bisa merasakan gerakan janin di rahim anda. Tanda pasti kehamilan ini, memang sudah pasti terjadi ketika anda hamil. Tetapi di awal mungkin akan sulit untuk merasakan tanda ini karena janin masih belum berbentuk seutuhnya. Mungkin sudah bisa dirasakan ketika masuk minggu ke enam. Jadi untuk mengetahui dengan pasti, anda bisa melakukan test USG terlebih dahulu. Dua diatas adalah tanda yang pasti, lalu bagaimana tanda kemungkinan hamil.

Tanda Hegar

Diatas kita sudah bahas mengenai tanda pasti kehamilan, kini saya akan membahas sedikit mengenai tanda kemungkinan kehamilanyaitu tanda hegar. Apa itu tanda hegar? Tanda ini diketahui ketika kehamilan masuk ke minggu ke 6 sampai ke minggu ke 8. Cara mengetesnya dengan menggunakan rangkaian test bimanual. Caranya dengan meletakan dua jari pada bagian forniks posterior dan satu tangan lagi di letakan di bagian dinding perut diatas simpisis pubis. Nanti akan dirasakan pada bagian korpus uteri seperti terpisah dengan serviks. Hal ini dikarenakan sudah adanya janin didalam rahim sang ibu.

Hasil Test

Yang paling utama dalam mengetahui apakah hamil atau tidak adalah dengan melakukan test. Anda bisa melakukan test usg atautes kehamilan dengan menggunakan test pack. Apalagi jika anda biasa mempunyai waktu haid yang normal dan pada bulan tersebut anda telat datang bulan. ini perlu anda curigai. Walaupun telat datang bulan tak selalu sebagai tanda sebuah kehamilan. Anda bisa melakukan test pack. Jika hasilnya positif segeralah melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

Banyak para ibu hamil yang tidak menyadari kalau sudah hamil sampai masuk ke minggu ke empat. Hal ini dikarenakan pada minggu pertama sampai ke empat belum ada tanda-tanda yang terlalu jelas. Selain itu bentuk badan sang ibu juga berubah. Dari payudara dan pinggul yang semakin membesar. Terkadang banyak ibu hamil yang mengalami mudah marah karena mood yang berubah-ubah. Itulah beberapa tanda pasti kehamilan yang harus anda ketahui. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *