Home / Info Bisnis / Cara Migrasi Tarif Listrik B1 Untuk Tarif Bisnis Yang Lebih Murah

Cara Migrasi Tarif Listrik B1 Untuk Tarif Bisnis Yang Lebih Murah

Setelah pencabutan subsidi tipe R1-900VA yang penggunanya merupakan mayoritas pelanggan PLN, migrasi tarif listrik B1 dari R1 adalah salah satu solusi yang tepat untuk mendapatkan tarif subsidi. Namun, hal ini diperuntukkan untuk bangunan yang menjadi bisnis kecil/UMKM. Dibawah ini kami berikan informasi lengkap mengenai Golongan Tarif listrik B1

Golongan Tarif Listrik B1

Golongan tarif B1 adalah tarif listrik yang dikhususkan untuk kalangan usaha. Pelanggan B1 adalah pemilik ruko, toko, maupun bangunan yang dijadikan tempat usaha, dengan daya di bawah 6600 VA. Golongan daya B1 terdiri dari :

  • B1-450 VA
  • B1-900 VA
  • B1-1300 VA
  • B1-2200 VA
  • B1-3500 VA
  • B1-4400 VA
  • B1-5500 VA

Bangunan yang dijadikan tempat usaha sangat disarankan untuk menggunakan golongan tarif B1. Terlebih saat ini golongan tarif R1 900VA dan 1300VA tidak lagi disubsidi.

Apakah pelanggan B1-5500VA memiliki tarif lebih rendah daripada R1-900VA RTM non-subsidi? Tentu saja.

Tarif B1 Lebih Murah dari R1 non-Subsidi

Sebagai perbandingan, untuk voucher listrik 200rb di wilayah Surabaya akan mendapat :

Golongan Tarif/Daya Jumlah Listrik
R-1 non-subsidi 126.2 kWh
B-1/5500 VA 168.4 kWh
B-1/1300 VA 191.7 kWh
B-1/900 VA 293.9 kWh

Informasi tarif B1 lebih lengkap, silakan cek pada tabel Tarif Dasar Listrik B1

Cara Migrasi Tarif Listrik B1

Sebelum memulai, siapkan data diri yang diperlukan :

  • Nomor Meter PLN (ada pada stiker meteran listrik prabayar)
  • Nomor KTP
  • Nomor telepon
  • Alamat email valid

Update : Per 28 Juli 2017, website layanan online PLN sudah kembali online. Jika website PLN kembali mengalami kendala, dimohon menunggu dan mencoba lagi hari berikutnya.

1. Isi pulsa token listrik dalam jumlah banyak

Khusus untuk pelanggan prabayar (token), sangat disarankan pelanggan untuk memiliki persediaan token dalam jumlah banyak untuk memastikan listrik tidak padam hingga akhir proses migrasi. Pada proses migrasi, akan ada jeda waktu di mana meteran listrik tidak bisa diisi oleh token. Oleh karena itu, silakan isi token 200 ribu rupiah sebelum memulai proses migrasi.

Bagaimana dengan pelanggan pascabayar (meteran lama)? Tidak ada masalah, listrik tetap terus menyala.

2. Buka layanan online perubahan daya / migrasi online PLN

3. Klik SETUJU pada syarat & ketentuan

Ada 16 pasal syarat & ketentuan. Pelanggan disarankan membaca, klik tombol SETUJU lalu tombol OK

4. Pilih IDPEL (ID pelanggan) atau Nomor Meter

Disarankan untuk lebih mudah gunakan nomor meter. Nomor meter dapat dengan mudah dilihat pada stiker yang tertempel di bagian depan meteran listrik Anda. Isi nomor meter dan dan klik CARI. Kemudian data pelanggan akan tampil pada kolom di bawah

5. Lengkapi Data Pemohon

Klik Data Pemohon, lalu centang Centang pilihan [Copy berdasarkan Data Pelanggan], dan lengkapi kolom yang belum terisi :

  • Nomor KTP
  • Email (isi 2x dengan kolom konfirmasi email)

migrasi daya pln data pemohon

Harap isi email dengan benar sesuai email yang Anda selalu gunakan, karena instruksi pembayaran dikirim via email.

6. Isi kolom migrasi ke golongan daya/tarif sesuai kebutuhan

  • Pilih Produk Layanan : PRABAYAR (PREPAID)
  • Peruntukan : BISNIS
  • Keperluan : Sesuaikan bidang bisnis
  • Daya : Sesuaikan kebutuhan (450VA, 900VA, 1300VA, 2200VA, 3500VA, 5500VA)
  • Token Perdana : Sesuaikan (disarankan 20.000 cukup)

migrasi daya pln b1 1300

Khusus kolom [Keperluan], gunakan pencarian yang tepat contoh kasus berikut untuk warung dagang beras.  Ada sekitar 900 jenis Keperluan golongan tarif bisnis.

migrasi daya pln keperluan bisnis

7. Klik Hitung Biaya dan selesaikan

  • Setelah klik hitung, maka akan tampil rincian biaya yang harus dibayar.
  • Klik centang Pernyataan bersedia mengikuti ketentuan.
  • Ketik kode kata di samping
  • Klik Simpan Permohonan

migrasi daya pln permohonan

8. Ikuti instruksi yang dikirimkan ke email

PLN akan mengirimkan email dalam 2 tahap konfirmasi mengenai permohonan Anda sebagi pelanggan. Ikuti petunjuk yang disampaikan dalam email.

Email terakhir berisi instruksi dan kode pembayaran yang bisa dilakukan di Kantor Pos terdekat.

9. Tunggu kedatangan staf PLN ke lokasi Anda

PLN akan mengunjungi lokasi Anda untuk penggantian MCB (jika naik/turun daya). Staf ini bisa dari pegawai PLN maupun pihak rekanan PLN. Estimasi adalah 3 hari hingga 1 bulan sejak pembayaran dilakukan.

FAQ (Tanya Jawab) Tarif Bisnis B1

Tanya : Untuk siapa saja kah Golongan Tarif B1?
Jawab : Untuk bangunan yang dijadikan bisnis kecil dan UMKM.

Tanya : Berapakah tarif bisnis B1?
Jawab : Silakan cek pada tabel Tarif Dasar Listrik B1

Tanya : Mengapa tarif bisnis B1 disubsidi sehingga lebih murah dari tarif rumah tangga R1?
Jawab : Beberapa pertimbangannya yaitu usaha kecil adalah sektor produktif, membuka lapangan kerja dan juga penyumbang pajak.

Tanya : Berapa biaya migrasi golongan R1 ke B1?
Jawab : Migrasi tidak dikenakan biaya. Biaya yang tercantum tentu ada keterangan peruntukannya. Misal biaya nominal token perdana (khusus prabayar), atau biaya UJL pada pelanggan pascabayar jika melakukan tambah daya.

Tanya : Apa saja syarat untuk migrasi tarif listrik B1?
Jawab : Pada layanan online tidak dimintai syarat-syarat tertentu. Pemohon migrasi hanya diminta informasi jenis usahanya.

Pada sebagian besar wilayah, proses migrasi membutuhkan syarat :

  • KTP
  • NPWP
  • KK
  • SIUP
  • Bukti pembayaran listrik ( non taglis)
  • Foto bangunan yang dijadikan tempat usaha.
  • Materai 2 lembar

Ada juga yang hanya membutuhkan KTP dan Surat Keterangan Usaha (SKU) yang bisa dengan mudah diurus di tingkat Desa/Kelurahan.

Kami belum bisa memastikan syarat-syarat migrasi tarif listrik B1 karena perbedaan kondisi di lapangan. Ada banyak pelanggan yang tidak butuh dimintai dokumen-dokumen yang disebutkan di atas, bisa dengan lancar melakukan migrasi tarif bisnis untuk tempat usahanya.

Memang sebagian besar usaha kecil/UMKM tidak memiliki surat SIUP/NPWP. Warung sayur, toko kelontong, toko beras eceran, dsb tidak mungkin memiliki dokumen tersebut. Namun hal ini tidak menghalangi pelanggan PLN untuk migrasi tarif listrik bisnis, sudah banyak usaha kecil yang migrasi tarif listrik B1 tanpa dipersulit dokumen tersebut. Jika bisa mudah, kenapa dipersulit?

Tanya : Apakah bisa migrasi ke B1 450VA atau B1 900VA?
Jawab : Secara teori bisa. Namun karena tarif B1 450 dan 900VA terbilang sangat murah, kenyataan di lapangan akan sulit disetujui. Sangat disarankan untuk langsung ke B1 1300 VA atau lebih.

Tanya : Apakah bisa migrasi tarif bisnis dengan tetap memakai meteran lama pascabayar / sistem tagihan?
Jawab : Bisa, namun tentu PLN akan mendorong atau menyarankan semua pelanggan untuk menggunakan sistem prabayar (sistem token).

Tanya : Apakah PLN melakukan survey untuk memastikan pemohon merupakan pemilik bisnis kecil?
Jawab : Ya, petugas PLN akan datang untuk melakukan survey dan meminta syarat dokumen usaha (jika diminta). Hindari pungli atau gratifikasi jika petugas meminta nominal uang agar survey disetujui.

Tanya : Apakah rumah tinggal yang dijadikan tempat bisnis/berjualan bisa migrasi tarif listrik B1?
Jawab : Kami belum mendapatkan konfirmasi pasti mengenai hal ini. Ada pelanggan PLN yang berhasil migrasi tarif B1 dengan kondisi tersebut (rumah tinggal yang dijadikan tempat bisnis). Ada juga yang ditolak migrasi tarif bisnis karena harus berupa bangunan khusus bisnis yang terpisah dari rumah tinggal, seperti toko, ruko, minimarket, atau kantor.

Tanya : Apakah semua permohonan migrasi akan disetujui PLN?
Jawab : Tidak semua permohonan migrasi disetujui. Harus kita pahami bahwa permohonan migrasi adalah hak PLN untuk menerima atau menolak. Kondisi di lapangan bisa sangat berbeda antar wilayah. Ada yang mudah, ada yang sulit. Namun hal ini janganlah menghalangi upaya Anda untuk mendapatkan hak sebagai pelaku usaha kecil. Bisnis kecil/UMKM layak dapat tarif B1.

Tanya : Saya sudah daftar migrasi dan menunggu lama. Bagaimana?
Jawab : Siapkan ID pelanggan (bukan nomor meter) atau Nomor Agenda permohonan Anda (ada pada email yang dikirim PLN). Silakan cek pada halaman cek status permohonan PLN.

Tanya : Bagaimana jika permohonan migrasi tarif listrik B1 kemudian ditolak oleh PLN?
Jawab : Berdasarkan pengalaman salah satu pelanggan yang tidak disetujui migrasinya, dana yang telah dibayarkan bisa dicairkan kembali.

Tanya : Apakah rumah tangga R1 tanpa aktivitas bisnis bisa migrasi tarif listrik B1?
Jawab : Pada kolom permohonan migrasi tarif listrik, Anda diwajibkan mengisi dengan informasi yang benar. Segala bentuk kecurangan akan dipertanggung jawabkan. Berikut adalah kutipan pada pernyataan permohonan migrasi tarif.

Perhatian :
– Pastikan semua data yang Anda isi di atas adalah benar
– Setelah Anda tekan tombol Simpan Permohonan, maka data-data akan diproses oleh PT PLN(Persero) dan akan dipertanggung jawabkan apabila di kemudian hari ditemukan kesalahan
Dengan ini saya menyatakan data yang saya isi adalah benar dan saya bersedia mengikuti ketentuan yang berlaku di PT PLN(Persero)

hDisclaimer :
  • Informasi yang tercantum di atas dirangkum dari Layanan Online Migrasi PLN dan pengalaman nyata dari pelanggan di berbagai daerah.
  • Artikel ini dibuat untuk membantu PLN mensosialisasikan layanannya kepada publik, sekaligus membantu publik lebih memahami dan memanfaatkan layanan PLN.
  • Listrik.org tidak bertanggungjawab apabila terdapat perbedaan informasi dengan kondisi di lapangan. PLN pusat atau daerah memiliki hak penuh untuk menerapkan kebijakan kepada pelanggan.
  • Jika ada ketidaksesuaian / koreksi atas informasi di atas, atau Anda ingin menambahkan informasi penting, atau ingin berbagi pengalaman setelah migrasi tarif, mohon sampaikan ke redaksi kami atau via kolom komentar.

Sumber : listrik.org

Demikian informas bermanfaat yang dapat kami sampaikan, jangan lupa untuk membagikan informasi bermanfaat ini kepada teman anda dengan menekan tombol di bawah ini.

 

About puspa

Check Also

Biaya & Syara Mendirikan CV

Biaya & Syara Mendirikan CV Biaya Pendirian CV, Rp. 5.000.000,- Lama proses : 35 hari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *