Home / Info Bermanfaat / Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar

Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar

Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar – Begini cara me Registrasi Ulang Kartu Prabayar sesuai peraturan pemerintah terbaru.

Pemerintah baru-baru ini mengeluarkan peraturan yang mengharuskan para pengguna Kartu Prabayar untuk melakukan registrasi ulang pada kartu mereka. Jangan mikir ‘ribetnya’ ketika melakukan registrasi, walaupun sebenarnya hanya perlu meluangkan waktu mungkin hanya beberapa menit. Tapi yang terpenting yaitu manfaatnya besar dan dampak yang sudah di pikirkan dengan matang oleh pemerintah ini demi kebaikan bangsa.

Selama ini mungkin anda tentu pernah ‘diganggu’ SMS. Dari jualan, layanan kencan, dan penipuan. Nah, pesan-pesan tersebut, akan mudah dilacak ketika kita merasa terganggu. itulah salah satu alasan mendasar pemerintah melakukan gencar gencarnya Registrasi Ulang Kartu Prabayar.

Gunanya registrasi ulang tersebut, pihak kepolisian akan mudah melacak nomor tersebut. Dan tentunya pelaku akan segera tertangkap. Kedepan, penipu akan berpikir dua kali ketika akan melakukan aksinya.

Nah bagaimana caranya registrasi? Untuk kartu perdana operator Indosat, Smartfren, dan Tri, cukup ketik NIK#no.KK#. Sementara XL Axiata (XL dan Axis) ketik: Daftar#NIK#No.KK. Sedangkan Telkomsel dengan: RegNIK#no.KK#. Setelah itu kirim SMS ke 4444. NIK adalah Nomor Induk Kependudukan dan No KK adalah Nomor Kartu Keluarga. Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Ketut Pribadi mengatakan, setiap warganegara yang baru lahir dan tercatat di Kependudukan memiliki NIK walaupun belum punya Kartu Tanda Penduduk (KTP). Nomor NIK tersebut, tercantum di Kartu Keluarga (KK).

“Asumsinya anak SMP (Sekolah Menengah Pertama) pun sudah bisa daftar registrasi ulang. Karena pakai NIK ditambah no KK lalu kirim ke nomor tujuan 4444,” ujar Ketut yang dihubungi Warta Kota, Selasa (24/10/2017).
Tiap NIK bisa mendaftar ke setiap operator maksimal 3 nomor. Saat ini ada 6 operator yang aktif di Indonesia, yakni Indosat, Smartfren, Tri, XL Axiata (XL dan Axis), serta Telkomsel.

Artinya maksimal tiap NIK bisa punya 18 nomor dari 6 operator yang berbeda (6 operatorx3 nomor). Kartu ini terlepas apakah untuk data atau telepon saja. Apakah ada kemungkinan memasukan NIK palsu atau no KK palsu? Menurut Ketut kemungkinan itu sulit diwujudkan. Karena sistem akan mengenali kombinasi nomor tersebut tidak valid dan akan ditolak.
Begitu juga ketika digunakan lebih dari tiga kali untuk satu operator. Begitu ditolak, kartu itupun tidak akan bisa diaktifkan.

Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar

Mulai 31 Oktober 2017 Pemerintah mewajibkan setiap nomor kartu prabayar melakukan registrasi ulang. Artinya ketika konsumen mulai membeli kartu perdana

Cara Registrasi Ulang Kartu SIM Prabayar via SMS

Cara registrasi ulang SIM Prabayar bagi pelanggan lama dan pelanggan baru cukup mudah. Kamu hanya perlu mengirimkan SMS ke nomor operator kartu. Hanya saja kamu harus menyertakan nomor KTP (16 digit) dan nomor induk kependudukan (16 digit). Lalu kamu mengirim SMS ke nomor 4444.

Berikut ini cara registrasi ulang kartu SIM prabayar untuk semua operator via SMS bagi pelanggan baru dan pelanggan lama:

Pelanggan Lama

Tata cara registrasi ulang via SMS bagi pelanggan lama dengan format sebagai berikut:

1. Indosat, Smartfren, dan Tri

Ketik SMS: ULANG#NIK#NomorKK#

Contoh: ULANG#1234567891011134#5566778899110022. Lalu SMS kirim ke nomor 4444

2. XL Axiata

ULANG#NIK#NomorKK

3. Telkomsel & Simpati

ULANG(spasi)NIK#NomorKK#

Registrasi bagi Pelanggan Baru

Format registrasi via SMS bagi pengguna yang membeli kartu SIM perdana adalah sebagai berikut:

1. Indosat, Smartfren, Tri

NIK#NomorKK#

2. XL Axiata

Daftar#NIK#Nomor KK

3. Telkomsel & Simpati

Reg(spasi)NIK#NomorKK

Jika sudah mengetik format di atas, kirim SMS kamu ke nomor 4444.

Alasan harus registrasi ulang SIM Prabayar

Dengan kewajiban registrasi ulang kartu SIM ini pemerintah beralasan bisa menangkal penyalahgunaan layanan telekomunikasi untuk kriminalitas dan penyalahgunaan kartu untuk kepentingan yang merugikan konsumen, hingga menangkal jaringan terorisme.

Bentuk kriminalitas dengan kartu SIM, misalnya, penipuan keuangan. Banyak terjadi penipuan dari orang yang tak dikenal melalui telepon yang meminta mentransfer uang ke rekening seseorang. Pemerintah berjanji, penipuan semacam itu bisa ditangkal karena nomor telpon bisa dilacak sesuai dengan identitas asli penggunanya. Kita tunggu saja ya janji pemerintah ini.

Periode Registrasi Ulang Kartu SIM Prabayar

Kewajiban ini berlaku mulai akhir Oktober 2017, tepat mulai tanggal 30 Oktober 2017. Paling lambat, kamu harus registrasi ulang kartu SIM prabayar hingga 28 Februari 2018 mendatang.

Jika terlambat mengantisipasi kewajiban ini, dan kartu SIM kamu diblokir, dampak keuangannya cukup besar. Dari mulai tidak bisa melakukan panggilan keluar, panggilan masuk dan tidak bisa internet. Misalnya, fasilitas pembayaran di salah satu aplikasi pembayaran seperti GoPay yang sudah tercatat dengan nomor telepon kamu akan hilang, termasuk segala poin yang sudah terkumpul. Dan masih banyak lagi kerugiannya.

Jika Melewati 28 Februari 2018

Antara 31 Oktober 2017 hingga 28 Februari 2018, registrasi ulang bisa dilakukan lewat SMS di nomor 4444. Setelah tanggal 28 Februari 2018, pemilik kartu prabayar mesti melakukan registrasi ulang di gerai customer service operator masing-masing. Tidak lagi langsung menggunakan SMS.

23 Pertanyaan Paling Sering Diajukan Konsumen ke Operator

1. Apa yang dimaksud dengan Registrasi Pelanggan Prabayar?

Registrasi Pelanggan Prabayar merupakan pendaftaran identitas diri yang wajib dilakukan oleh calon pelanggan dan pelanggan lama kartu prabayar yang datanya belum divalidasi (“Pelanggan”) dengan menggunakan data identitas kependudukan yang valid sebagaimana yang tercatat di Direktorat Jenderal Kependudukan & Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (“Ditjen Dukcapil”). Ketentuan registrasi pelanggan ini juga berlaku bagi calon pelanggan pascabayar.

2. Apa tujuan dan manfaat dilakukannya registrasi kartu prabayar bagi pelanggan jasa telekomunikasi ini?

  • Memberikan perlindungan kepada masyarakat pengguna jasa layanan telekomunikasi terhadap tindakan kejahatan dan aksi-aksi penyalahgunaan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab (kejahatan terorisme, penipuan,informasi spamming, kejahatan siber) dan sebagainya, sehingga masyarakat/pelanggan juga semakin nyaman dalam menggunakan jasa layanan telekomunikasi.
  • Kemudahan penyediaan layanan bagi pelanggan layanan telekomunikasi misalnya untuk transaksi online dan non tunai
  • Data pelanggan tersebut dapat digunakan untuk kepentingan keuangan inklusif atau penyaluran dana atau bantuan pemerintah dan hal hal lain sejenisnya.

3. Apa bedanya registrasi kartu prabayar sekarang dengan registrasi sebelumnya?

NO KETENTUAN REGISTRASI SEBELUMNYA KETENTUAN REGISTRASI BARU
1 Registrasi menggunakan data Nomor Identitas, Nama, Alamat, Tempat/Tanggal Lahir, ROID (Retail/Outlet ID), Kode Pos Registrasi menggunakan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) atau NIK yang tercantum pada KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK).
2 Tidak terdapat proses validasi Harus melalui proses validasi ke data yang tercatat di Ditjen DUKCAPIL
3 Hanya dapat dilakukan oleh gerai penyelenggara jasa telekomunikasi dan gerai milik mitra Dapat dilakukan oleh pelanggan yang bersangkutan, gerai penyelenggara jasa telekomunikasi, gerai milik mitra, menghubungi layanan contact center.

Demikian pembahasan informasi bermanfaat mengenai Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar yang bisa anda jadikan referensi mengenai cara meregistrasi ulang kartu prabayar sesuai peraturan terbaru dari pemerintah. Bagikan informasi Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar ini kepada teman dan keluarga anda dengan cara menekan salah satu tombol share dibawah ini.

About puspa

Check Also

5 Tips Sukses Bill Gates Yang Patut Di Ikuti

Tips Sukses Bill Gates yang dapat membuat hidup kamu menjadi lebih sukses Bill Gates. Mungkin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *