Home Info News Wow KORUT dan KORSEL salih berhubungan setelah 2 tahun tak berkomunikasi

Wow KORUT dan KORSEL salih berhubungan setelah 2 tahun tak berkomunikasi

6
0
SHARE

Pihak Korea Utara dan Korea Selatan secara resmi mengumumkan bawasannya mereka akan bertemu untuk melakukan pembicaraan pada Selasa. Ini merupakan pertama kalinya dalam dua tahun. Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengumumkan bahwa pertemuan tersebut akan terjadi minggu depan di desa perbatasan Panmunjom, di mana kedua belah pihak akan membahas partisipasi Korea Utara di Olimpiade Musim Dingin mendatang, yang akan ditandatangani oleh Korea Selatan.

“Kami menyambut baik tanggapan Korea Selatan atas usulan kami untuk diskusi Utara dan Selatan tentang peningkatan hubungan antar-Korea, termasuk partisipasi kami dalam Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang,” kata pemerintah Korea Utara, dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Korea Selatan.

Mengembalikan dialog adalah pertanda berkurangnya ketegangan pada awal tahun baru ini, menyusul pengumuman pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bahwa dia memiliki “tombol nuklir” di mejanya yang dapat memecat senjata di Amerika Serikat. Dia mengatakan ini “bukan ancaman” tapi “kenyataan.” Dalam pidato yang sama, Kim juga mengatakan bahwa dia mengharapkan Olimpiade Musim Dingin yang sukses dan melakukan penjangkauan ke Seoul yang menyebabkan pemulihan perundingan formal ini.

Kementerian Unifikasi mengatakan bahwa pihaknya sedang mempersiapkan perundingan tingkat tinggi dengan pertemuan yang mencakup strategi, organisasi dan bahkan mengadakan pertemuan pura-pura terlebih dahulu. Diskusi ini akan menandai dialog antarKorea pertama sejak perundingan tingkat rendah yang sedang berlangsung dihentikan pada awal tahun 2016 di tengah meningkatnya ketegangan mengenai rudal dan uji coba nuklir Korea Utara yang konsisten.

Panmunjom adalah desa perbatasan di dalam Zona Demiliterisasi di mana pada 13 November, seorang tentara Korea Utara melakukan pembelotan yang berani di mana dia ditembak setidaknya lima kali dan diselamatkan oleh pasukan A.S. dan Korea Selatan. Dia stabil dan pulih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here